10 Pelatih Top Tanpa Klub

Pelatih merupakan salah satu komponen terpenting penentu sebuah tim sepakbola bisa berjaya ataupun tidak, akan tetapi di dunia sepakbola ini tidak jarang ada pelatih top tanpa klub. Dikarenakan memutuskan untuk istirahat atau baru saja diberhentikan dari tugasnya dalam melatih sehingga menjadikan pelatih top tersebut menganggur.

Baik buruknya performa sebuah tim juga secara otomatis akan menentukan nasib pelatih tersebut. Tidak jarang dikarenakan dirasa gagal untuk mengangkat performa klub maka pelatih tersebut diberhentikan ditengah jalan. Contohnya saja seperti apa yang dialami oleh Mourinho.

Siapa yang tidak kenal Mourinho. Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut bahkan telah berhasil mempersembahkan trofi-trofi bergengsi kepada klub-klub yang ditanganunya. Akan tetapi gara-gara performa Chelsea yang tidak kunjung membaik tahun ini maka dipecatlah Mourinho dari kursi kepelatihan Chelsea. Selain Mourinho ternyata banyak lagi pelatih top tanpa klub saat ini. dan berikut daftarnya:

Frank Rijkaard

Frank Rijkaard bisa dikatakan mengalami masa keemasan sebagai seorang pelatih pada saat menukangi Barcelona. Dibawah arahannya Barca berhasil menyabet 2 kali gelar La Liga dan 1 kali Liga Champions.

Guus Hiddink

Guus Hiddink sebenarnya salah satu pelatih top yang sangat berpengalaman dalam menangani di level klub ataupun timnas. Akan tetapi semenjak mundur dari kursi kepelatihan timnas Belanda sampai saat ini Hiddink masih menganngur.

Roberto Dimatteo

Roberto Matteo merupakan satu-satunya pelatih Chelsea yang mampu mengantarkan Chelsea sebagai champion di Liga Champions pada tahun 2012. Setelah didepak dari Schalke sampai saat ini Dimatteo masih menggur.

Marcelo Lippi

Marcelo Lippi juga merupakan pelatih top tanpa klub yang ada saat ini. Berhasil mengantarkan Juventus merebut scudetto sebanyak 5 kali dan juga berhasil membawa Italia merebut title juara dunia pada tahun 2006 merupakan prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh Lippi.

Setelah mengundurkan diri klub Tiongkok Guangzhou Evergrande pada tanggal 26 Februari 2015 sampai saat ini Lippi masih menganggur.

Michael Loudrup

Prestasi terbesar Laudrup adalah berhasil membawa Swansea City menjuarai Piala Capital One Cup setelah di final tersebut sukses mempecundangi Bradford City. Setelah tidak memperpancang kontraknya di klub asal Qatar Lekhwiya sampai saat ini Laudrup memilih untuk menganggur.

Luciano Spalletti

Luciano Spalletti merupakan salah satu pelatih top tanpa klub yang ada saat ini. Terakhir Spaletti berhasil membawa Zenit meraih dua gelar liga. Akan tetapi sejak memutuskan meninggalkan Rusia, Spaletti sampai sekarang ini belum menemukan pekerjaan baru lagi.

Walter Mazzarri

Bisa dikatakan kalau karir gemilang dari Mazzari adalah saat menangani Napoli. Bahkan kerja kerasnya membuat Il Partenopei sampai saat ini menjadi salah satu klub yang mulai diperhitungkan di Serie A Italia.

Setelah empat musim di Napoli, Mazzarri kemudian menukangi Inter Milan. Akan tetapi di Inter Mazzari tidak bisa mengulang kesuksesannya saat menukangi Napoli dan akhirnya dipecat kemudian digantikan oleh Roberto Mancini.

Carlo Ancelotti

Banyak yang menyayangkan ketika Madrid memutuskan untuk memecat Carlo Ancelotti. Bahkan banyak para pemain bintang Madrid seperti Ronaldo yang merasa sangat kecewa lantaran manajemen Madrid memecat Ancelotti pada tahun 2015 silam.

Selepas menganggur sebenarnya banyak sekali klub-klub top Eropa yang menginginkan jasanya. Akan tetapi meskipun demikian sampai saat ini Ancelotti masih memilih untuk menganggur.

Di atas merupakan deretan pelatih top tanpa klub sampai saat ini. kira-kira akan kemanakah pelatih-pelatih top tersebut berlabuh dimusim depan?